web tracker

Inilah 5 Fakta Menarik Buah Cempedak  yang Perlu Anda ketahui

Inilah 5 Fakta Menarik Buah Cempedak  yang Perlu Anda ketahuipedestrianjambi.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Cempedak atau kembaran buah nangka Ini merupakan tanaman buah-buahan berasal dari famili Moraceae dan merupakan salah satu buah eksotis di Indonesia
Buah cempedak mempunyai sebutan khas di masing-masing tempat.

Seperti Nongko Cino (Jawa), Nangka Beurit (Sunda), Cubadak Hutan (Minangkabau) dan lainnya.

Buah cempedak ini tampak sama dengan nangka, akan tetapi kulit dari cempedak cenderung tumpul apalagi terkadang hanyalah berupa titik. Kulit akan berubah jadi kuning saat sudah matang.

Buah cempedak berbentuk ramping memanjang, miliki aroma yang amat menyengat seperti durian, dengan rasa yang manis dan daging buahnya lebih lembek.

Buah cempedak merupakan salah satu buah eksotis yang ada di Indonesia. Buah itu memiliki lebih dari satu fakta menarik. Berikut ini fakta menarik buah cempedak yang peru anda ketahui.

1. Hampir semua bagian pohonnya dapat dimanfaatkan

Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap sesudah diolah, digoreng, atau direbus layaknya biji nangka.

Di Malaysia, akarnya digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk perempuan yang baru melahirkan.

Tak hanya itu daun cempedak kerap digunakan secara tradisional oleh rakyat Kalimantan di Indonesia sebagai bedak dingin dan penghilang flek hitam pada wajah.

Kayu dari pohon cempedak ini juga berkualitas baik, kuat dan awet, sehingga sering digunakan sebagai kayu bangunan, bahan perabotan tempat tinggal, atau bahan bahtera.

See also  Inilah 6 Peran Penting Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Kulit kayunya yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali, dan getahnya untuk memukat burung. Berasal dari kayunya juga mampu dihasilkan bahan pewarna kuning.

2. Kulit cempedak dapat dikonsumsi

Kulit cempedak juga kerap dikonsumsi oleh penduduk Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan julukan mandai.

Sebelum diolah, penduduk setempat mengupas bagian luar kulit agar tampak putih, lantas membersihkannya.

Sesudah itu kulit direndam lebih pernah di di dalam air garam selama 2-3 hari, sampai jadi lunak dan mengalami fermentasi, baru sesudah itu digoreng.

Mandai goreng ini menyerupai pisang goreng, meski ketika digigit rasanya seperti menggigit guratan daging, agar menciptakan cita rasa gurih yang khas

3. Daging buah cempedak dapat diolah

Daging berasal dari buah cempedak mampu dimakan didalam kondisi masih segar jika telah matang.

Karakteristik cempedak matang biasanya bisa terlihat berasal dari kulit yang udah menguning atau Kamu bisa mencium aroma khas cempedak itu.

Akan tetapi tidak cuman dikonsumsi langsung daging buahnya ini, ada pula beberapa orang yang mengolahnya dengan cara digoreng seperti pisang, kripik atau dibuat dodol.

4. Buah cempedak dapat bermanfaat bagi kesehatan

Buah cempedak punya persentase vitamin A yang lumayan tinggi supaya dapat menyehatkan mata. Vitamin A berperan signifikan didalam mempertahankan kesehatan kornea mata.

Tak hanya itu kulit batang buah cempedak mempunyai kandungan komponen yang juga mampu menunjang menahan penyakit tumor dan malaria.

Senyawa primer yang punya kandungan heteriflavon C berfungsi untuk menghilangkan parasit penyebab malaria.

 

Akhir kata

Demikian ulasan terkait fakta menarik buah cempedak yang wajib Kamu ketahui. Cukup sekian informasi kaliini semoga bermanfaat.

Check Also

Download Kisi-kisi Ujian Madrasah UM Tahun Pelajaran 2021/2022

Download Kisi-kisi Ujian Madrasah UM Tahun Pelajaran 2021/2022

pedestrianjambi.com - Kisi-Kisi Ujian Madrasah (Um) tahun Pelajaran 2021/2022 sudah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Kisi-Kisi Ujian Madrasah Th Pelajaran 2021/2022 itu tertuang didalam Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor B-350/Dj.I/Dt.I.I/Pp.00/02/2022 tertanggal 14 Februari 2022. Di di dalam Surat Edaran disampaikan bahwa untuk menaikkan mutu penyelenggaraan evaluasi hasil studi pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.