Berkat Mobil-mobilan, Deni Raih Predikat 2 Sandang Guru Berprestasi se Provinsi Jambi

0
383

Jambi, PJ – Deni Sulistiowati Ningsih, meraih juara dua lomba guru berprestasi tingkat SD yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Event tahunan tersebut digelar mulai 27 Juni hingga 1 Juli dengan peserta berasal dari masing-masing kabupaten/kota se provinsi Jambi. Setiap kabupaten/kota mengirimkan wakil guru berprestasi mereka mulai dari guru SD, SMP hingga SMA untuk dipilih menjadi guru berprestasi tingkat Provinsi Jambi.

Sejumlah peserta yang ikut lomba guru berprestasi tingkat Provinsi Jambi tersebut berasal dari Fasilitator Daerah program PINTAR Tanoto Foundation yang ada di kabupaten mitra Tanjab Timur, Tanjab Barat dan Batang Hari. Salah satunya
Deni Sulistiowati Ningsih guru SDN 61/X Talang Babat Tanjab Timur.

Deni Sulistiowati Ningsih, peraih peringkat ke dua menampilkan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kontekstual di dalam kelas. Menurutnya, jika seorang guru mengajar dengan pendekatan ceramah saja maka akan membuat siswa menjadi pasif, namun jika dengan pendekatan kontekstual siswa akan lebih aktif, terlibat penuh dalam pembelajaran dan tentunya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dampak yang paling signifikan adalah siswa terbiasa mencari tambahan materi pembelajaran, misalkan kita berikan penjelasan tentang gaya, tarikan atau dorongan. Namun jika kita menggunakan media pembelajaran dan percobaan, sepeda, bola misalnya, maka bisa bergerak karena adanya gaya,” tukas Deni. Selain sepeda, Deni juga membuat medianya yaitu mobil-mobilan dari botol air minum dalam kemasan.

Sebagai informasi, materi yang diujikan selama lomba guru berprestasi adalah tentang wawasan kependidikan, guru dituntut untuk mengetahui isu-isu terkini, lalu mendorong guru menguasai 4 komptensi guru pedagogik, kepribadian, sosial, profesional. Selain memahami materi tersebut, guru harus membuat penelitian tindakan kelas atau PTK.

Red

LEAVE A REPLY