Muaro Jambi, PJ – Bertempat di Kantor Bupati Muaro Jambi, Aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas dilingkup Setda Muaro Jambi terkejut. Tanpa pemberitahuan, semuanya diminta untuk melakukan tes urine usai apel pagi, Senin (17/6). Tes dadakan ini diawasi langsung Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno (BBS) yang juga sebagai kepala BNK Kabupaten Muaro Jambi dan Sekda M Fadhil Arief.

Dari absensi manual ada 225 pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer yang mengikuti apel pagi. Namun yang mengikuti tes urine hingga berakhir hanya 120 orang.

Kepala BNK Muaro Jambi, BBS membenarkan jumlah pegawai di lingkungan sekretariat daerah Muaro Jambi sebanyak 225 orang. Tentu ada diantara mereka yang tidak hadir karena sedang dinas luar, izin dan lainnya.

“Ini belum selesai. Nanti akan kita panggil,” kata BBS didampingi Wakil Ketua BNK, Kompol Wirmanto, dan Pabung Kabupaten Muaro Jambi, Mayor Wawan kepada wartawan disela tes urine.

Terhadap hasil dari pemeriksaan tes urine ini sambungnya akan dilakukan evaluasi. Jika nantinya ada yang positif narkoba akan di tindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Terbukti, ada proses tahapan-tahapan serta kewenangan BNK. Tes urine ini untuk melakukan pencegahan dalam mempersiapkan sumber daya manusia dari internal Pemkab Muaro Jambi agar tidak terimbas penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

” Yang jelas kegiatan yang kita lakukan ini akan menjadi bagian penting dalam pencegahan,” katanya.

BBS mengatakan akan evaluasi terus. “Nanti hasilnya juga akan kita laporkan kepada Ibu Bupati, terkait hal-hal yang memang nanti akan kita sesuaikan dengan peraturan ada,” ucapnya.

” Mudah-mudahan tidak ada yang teridentifikasi positif narkoba. Tetapi jika itu ada kita akan lakukan selanjutnya sesuai dengan aturan-aturan berlaku,” pungkasnya.

Red/jun

LEAVE A REPLY