Pemerintah Kota Jambi Gelar Musrenbang RPJMD 2019-2023

0
49

Kota Jamb,  PJ – Pemerintah Kota Jambi (Pemkot) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023. Kegiatan yang diadakan di Aula Griya Mayah, Rumah Dinas Walikota Jambi, Selasa (5/3).

Acara Musrenbang RPJMD 2019-2023 di buka oleh H. Maulana selaku wakil walikota Jambi. Dalam acara tersebut juga di hadir dihadiri oleh Kemendagri, Bappenas, Bappeda Provinsi Jambi, Kepala OPD Kota Jambi, dan undangan lainnya.

Acara diisi dengan pemaparan rancangan RPJMD Kota Jambi dari tiga narasumber, yakni Walikota Jambi Syarif Fasha. Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Bappenas Sumedi Andono Mulyo juga dari Kementrian dalam negeri dan paparan dari Bappeda Provinsi Jambi oleh Kepala Bappeda Donni Iskandar.

Dalam pemaparan, Syarif Fasha mengatakan bahwa visi dari Fasha-Maulana yakni menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa berbasis masyarakat yang berakhlak dan berbudaya dengan mengedepankan pelayanan prima. Diantaranya adalah penguatan birokrasi dan peningkatan pelayanan masyarakat berbasis teknologi infomrasi, penguatan penegakan hukum, trantibmas dan kenyamanan masyarakat.

“ada juga terdapat penguatan pengelolaan infrastrujtur dan utilitas perkotaan serta penataan lungkungan serta penguatan kapasitas ekonomi perkotaan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat perkotaan,”ujarnya.

Sedangkan misinya yakni untuk menjadikan Kota Jambi yang tertib, unggul, nyaman, tanggunh adil dan sejahtera sesuai dengan Jambi Tuntas 2021. Hal yang dilakukan diantaranya meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang bersih, transparan, akuntabel dan partisipatif serta berorientasi kepada pelayanan publik. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan gender. Menjaga situasi daerah yang kondusif, toleransi antar umat beragama dan jaminan kepastian hukum. “kita akan meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis agribisnis dan agroindustri. Serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,”ujarnya.

Sesuai dengan janji politik Fasha-Maulana, ada 17 janji yang nantinya akan direalisasikan pada 2019. Diantaranya peningkatan implementasi dalam pengelolaan perkotaan dan pemerintahan. Penerbitan kartu jambi cerdas, penerbitan kartu jambi bugar. Menjadikan Kota Jambi sebagai Kota layak anak, melaksanakan kegiatan khusus lansia, perluasan layanan kesehatan 119, juga peningkatan jumlah dan kualitas PKM rawat inap. Selanjutnya pelayanan prima perizinan, peningkatan frekuensi job fair, dan kepastian hukum bagi masyarakat.

Selanjutnya peningkatan SDM dan prasarana bagi pelaku IKM/UMKM, laporan keuangan yang akuntabel, peningkatan rekruitmen guru agama, dan peningkatan akses dan responsilibitas terhadap keluhan masyarakat berbasis IT seeta peningkatan destinasi wisata serta prasarananya, peningkatan sarana dan prasarana kantor pelayanan publik dan peningkatan kerjasama antar pemerintah dan swasta.

Andre

LEAVE A REPLY